PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ABA IV MANGLI JEMBER TAHUN 2016

Musyarofah Musyarofah

Abstract


Early childhood growth will affect the next period i.e. the attainment of maturity in social relations. This research would like to overview the early childhood development precisely and maximally, so the result will be able to develop all aspects of the scope of child development including social aspects. The goal in this research is to describe the early childhood social development in kindergarten (TK) ABA IV Mangli Jember by using qualitative approach. The results showed that (1) the early childhood social abilities in kindergarten ABA IV Mangli Jember include the ability to get along, socialize and properly communicate with friends and teachers, working together, being patient in taking turn, caring and helping friends who is in trouble in classroom tasks, sharing food and toys, giving up to friends and being responsible.

 

Abstrak

 

Pertumbuhan anak usia dini akan mempengaruhi periode berikutnya yaitu pencapaian kematangan dalam hubungan sosial. Penelitian ini ingin melihat pengembangan anak usia dini secara maksimal dan tepat sasaran, sehingga mampu mengembangkan semua lingkup aspek perkembangan anak termasuk aspek sosial anak. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan sosial anak usia dini di Taman Kanak-Kanak (TK) ABA IV Mangli Jember dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahawa (1) kemampuan sosial anak usia dini di Taman Kanak-Kanak ABA IV Mangli Jember meliputi kemampuan bergaul, bersosialisasi dan komunikasi dengan teman dan guru secara baik, bekerjasama, bersabar menunggu giliran, peduli dan menolong teman yang mengalami kesulitan mengerjakan tugas di kelas, berbagi makanan dan mainan, mengalah pada teman dan bertanggungjawab.

 


Keywords


Development; socially and early childhood.

Full Text:

PDF

References


Dinas Pendidikan. 2013. Pedoman Pengembangan Pembelajaran (Kurikulum) dan Perangkat Bahan Ajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Dirjen PAUDNI. 2012. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu. Jakarta: Direktorat PAUDNI.

Ebbeck, Majory. 1997. Menyadari dan mengembangkan potensi anak usia dini. Yogyakarta: Makalah terjemahan UNY.

Gunawan, H Ary. 2000. Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadari Nawawi. 1993. Metodologi penelitian terapan. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Harini, Sri dan Aba Firdaus al-Halwani. 2003. Mendidik anak sejak dini. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Child Development (terj. Med Meitasari Tjandrasa). New York: Mc Graw Hill.

Imam Subqi, “Pola Komunikasi Keagamaan dalam Membentuk Kepribadian Anak”, INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), Vol 1 No 2 Desember 2016.

Jamaris, Martini. 2002. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak; Pedoman bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta: PT Grasindo.

Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miles, Matthew B. and Huberman. 1994. Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. London: Sage publications.

Moleong, Lexy. (2000). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (1988). Metode penelitian naturalistik-kualitatif. Bandung: Tarsito.

Novan Ardy Wiyani & Barmawi. 2012. Format PAUD Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: ArRuzzmedia.

Padil, Moh dan Supriyatno, Triyono. 2010. Sosiologi Pendidikan. Malang: UIN Maliki Press Permendikbud No.137 tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia.

Dini Rahayu, et al. 1998. Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sekretariat Negara RI, Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sintem Pendidikan Nasional Sujud, Aswarni. 1999. Beberapa aspek perkembangan anak dan pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: PSW UII.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini:Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Yamin.

Martinis dan Sabri Sanan, Jamilah. 2013. Panduan PAUD. Ciputat: Gaung Persada Press Group.

Yuliani Nurani Sujiono 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta: PT. Indeks.

Yusuf, Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.