POLA KOMUNIKASI KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK

Imam Subqi

Abstract


This article specifically discusses the pattern of Islamic construction which is expected to make up the individual identity and marks them as Muslim, both are shown in their behavior. Behavior looks like walking, eating, drinking, communicating with teachers, parents, friends and others. While the inner behavior proposed by Frank Burton Cheyne is sincere, don't envy and other commendable attitudes rising from their inner feeling. From variety of thoughts above, the construction of the Islamic religion, addressed to children will be able to provide a steady view oflife based on the values of Islam, and they were also able to get used to think, behave according to the norms of Islam or personality in accordance with the teachings of Islam although they have a different default factors.


Abstrak


Artikel ini secara spesifik membahas tentang pola keberagamaan Islam yang diharapkan mampu membenahi kepribadian individu dan menandai mereka sebagai Muslim, dua hal tersebut nampak dalam tingkah laku mereka. Tingkah laku seperti berjalan, makan, minum, hubungan dengan guru, orang tua, teman-teman, dan yang lainya. Sedangkan menurut Frank Burton Cheyne memaknai tingkah laku batiniah sebagai keiklasan, tidak iri, dan sikap terpuji lain yang muncul dari dalam perasaan mereka. Dari berbagai pendapat diatas, pengajaran agama islam yang diberikan kepada anak-anak mampu memberikan pandangan hidup yang kuat berdasarkan nilai keislaman dan mereka mampu terbiasa berfikir, dan bertindak berdasarkan norma keislaman atau pribadi berdasarkan ajaran islam meskipun mereka mempunyai faktor kesulitan yang berbeda.


Keywords


Communacation, Religious, Behavior

Full Text:

PDF

References


Anshori, Endang Syaifuddin. 1989. Kuliah Al-Islam. Yogyakarta: Rajawali.

Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Asrohah, Harun. 2001. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Daradjat, Zakiah. 1996. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

______________. 2001. Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.

______________. 1995. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Echols, John M. dan Hassan Shadily. 1996. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Ismail SM. Et. All. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jalaluddin. 2002. Psikologi Agama. Jakarta: Grafindo Persada.

Kadir, Muslim A. 2002. Ilmu Islam Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kahmad, Dadang. 2000. Metode Penelitian Agama. Bandung: Pustaka Setia.

Marimba, Ahmad D. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.

Matdawam, M. Noor. 1995. Aqidah dari Ilmu Pengetahuan dalam Lintasan Sejarah

Dinamika Budaya Manusia. Yogyakarta: Yayasan Bina Karier LPSBIP.

Mukhtar, Maksum. 2001. Madrasah Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Nata, Abuddin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Purwanto, Ngalim. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Razak, Nasruddin. 1998. Dienul Islam. Bandung: Al-Ma’arief.

Shaleh, Abdul Rachman. 2000. Pendidikan Agama dan Keagamaan, Misi Visi dan Aksi. Jakarta: Gemawindu Panca Perkasa.

Soetopo, Hendyat dan Wanty Soemanto. 1982. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Bina Aksara.

Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tafsir, Ahmad. 1995. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ulwan, Abdullah Nashih. 1999. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.

Usman, Basyiruddin. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Wahjoetomo. 1979. Pendidikan Alternatif Masa Depan. Jakarta: Gema Insani Press.

Zuhaili, Muhammad. 2002. Pentingnya Pendidikan Islam Sejak Dini. Jakarta: AH. Ba'adillah Press.

Zuhairini. 2007. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.18326/inject.v1i2.165-180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.