PENGGUNAAN BAHASA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PESAN KHUTBAH JUMAT

As’ad Abdullah

Abstract


Sermon of Friday prayer is one of the routines performed every week on Friday during the time of dhuhur prayer. It is obliged toward adult males. The sermon and Friday prayer are inseparable because they are already established as a set. The most important thing to consider is the clerk (khotib) expertise in mastering principles and requirements in organising the sermon, so the language is acceptable and understandable by the audience. Therefore, the message and material delivery becomes more effective and efficient.


Abstrak


Khutbah dan shalat jum’at merupakan salah satu rutinitas yang dilaksanakan setiap sepekan sekali yaitu hari Jum’at yang bertepatan dengan waktu dhuhur dan diwajibkan kususnya orang laki-laki yang sudah baligh, di antara khotbah dan shalat jum’at tidak bisa dipisahkan karena bentuk rangkaian satu ibadah yang sudah ditetapkan, adapun yang jadi perhatian petugas khotib ketika pelaksanaan khotbah yaitu dalam penyampaian pesan atau materi khotbah jum’at terhadap jamaah agar pelaksanaan khotbah bisa efektif dan kondusif yaitu lebih mendalami dan mempelajari tentang ilmu menjadi petugas khotib untuk mengetahui rukun dan syarat syahnya pelaksanaan khotbah jum’at agar bahsa yang disampaikan bisa dterima dan dipahami jamaah.


Keywords


The language; the message and the Sermon Friday.

Full Text:

PDF

References


Abdul Munir Mulkan. 1994. Masalah-Masalah Teologi dan Fiqh .Yogyakarta: Royhan.

Aep Kusnawan et-el, 2004. Komunikasi Penyiaran Islam. Bandung: Benang Merah Press.

Al-Imam Taqiyudin Abi Bakar bin Muhammad Al Hsaini Al Hushni Ad-Damsyiqi Asy Syafi’i. 1988. Terjemah Kifayaul Akhyar Jili 2.Semarang: Al Ridha

Asmuni Syukir. 1983. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: Al Ikhlas.

Astrid Susanto. 1997. Komunikasi Dalam Teori dan Praktek. Bandung: Bina Cipta.

Departemen Agama. 2009. al-Quran al-Karim Mushaf Sahmalnour. Jakarta.

Hafied Cangara. 1998. Pengertian Ilmu Komunikasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Mahfud Syamsul Hadi dkk. 1994. Rahasia Keberhasilan Dakwah. Surabaya. Ampel Suci.

Moh Ali Aziz. 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta. Kencana.

Mu’inudinillah Basri. 2008. Panduan Shalat Lengkap. Surakarta: Indiva Pustaka.

Nourouzzaman Shiddiqi. 1997. Fiqh Indonesia Pengagas dan Gagasannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Shalaih bin fauzan Al Fauzan. 2013. Ringkasan Fiqih Lengkap. Bekasi: Darul Falah.

Toto Tasmara. 1997. Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaya Media Pratama.




DOI: https://doi.org/10.18326/inject.v2i2.161-174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.